Skip to main content

Macam-macam Sorting AP 1A

Nama             : Ghifary Arhabizhafran Yasin
NPM             : 54414518
Kelas             : 1IA17
Mata Kuliah   : Teknik Informatika
Dosen            : Kunto Bayu A, ST
Tugas             : Sorting AP 1A


Sorting adalah proses menyusun elemen – elemen dengan tata urut tertentu dan proses tersebut diterjemahkan dalam bermacam aplikasi. Contohnya aplikasi perpajakan. Hampir seluruh pengguna pada system akan memilih tampilan daftar berurutan secara ascending demi kenyamanan dalam penelusuran data. Beberapa macam algoritma sorting telah dibuat karena proses tersebut sangat mendasar dan sering digunakan. Berikut macam-macam sorting :

  • Selection Sort (Ascending)
Pengurutan dilakukan dengan memilih elemen terbesar dan menempatkan pada posisinya,
kemudian mencari element terbesar berikutnya dan menempatkan pada tempatnya, dan
seterusnya.

Proses pengurutan dengan menggunakan metode selection sort  adalah :
1. Mencari data terkecil dari data pertama sampai data terakhir, kemunian di tukar posisinya dengan data pertama.
2. mencari data terkecil dari data kedua sampai data terakhir, kemudian di tukar dengan posisinya dengan data kedua.
3. mencari data terkecil dari data ketiga sampai data terakhir, kemudian di tukar posisinya dengan data ketiga
4. dan seterusnya sampai semua data tersebut  naik. apabila terdapat n buah data yang akan di urutkan, maka membutuhkan (n - 1) langkah pengurutan, dimana data terakhir yaitu data ke-n tidak perlu di urutkan karena hanya tinggal satu satunya.

Contoh : 


  •  Bubble sort

Bubble sort (metode gelembung) adalah metode/algoritma pengurutan dengan dengan cara melakukan penukaran data disebelahnya secara terus menerus hingga dipastikan dalam satu iterasi tidak ada lagi yang lebih besar di sebelahnya. Jika tidak ada, berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung ke posisinya yang tepat

Contoh : 

  •  Metode Penyisipan Langsung (Straight Insertion Sort) / Insertion sort
Insertion sort adalah metode pengurutan data dengan menempatkan setiap elemen data pada posisinya dengan cara melakukan perbandingan dengan data yang ada.

Ilustrasi :

Data dicek satu per satu mulai dari yang kedua sampai dengan yang terakhir. Apabila ditemukan data yang lebih kecil daripada data sebelumnya, maka data tersebut disisipkan pada posisi yang sesuai. Akan lebih mudah apabila membayangkan pengurutan kartu.
Pertama-tama anda meletakkan kartu-kartu tersebut di atas meja, kemudian melihatnya dari kiri ke kanan. Apabila kartu di sebelah kanan lebih kecil daripada kartu di sebelah kiri, maka ambil kartu tersebut dan sisipkan di tempat yang sesuai.

Contoh :  
  •  Metode penggabungan (Merge Sort)
Metode penggabungan biasanya digunakan pada pengurutan berkas. Prinsipnya adalah mula-mula diberikan dua kumpulan data yang sudah dalam keadaan urut. Kedua kumpulan data tersebut harus dijadikan satu table sehingga dalam keadaan urut.

Contoh : 
  •    Quick sort
Metode ini ditulis oleh C.A.R. Hoare pada 1962. Tipe penyelesaian adalah “memecah dan menguasai”. Quicksort dimulai dengan menscan daftar yang disortir untuk nilai median. Nilai ini disebut tumpuan (pivot), kemudian dipindahkan ke satu sisi pada daftar dan butir-butir yang nilainya lebih besar dari tumpuan di pindahkan ke sisi lain.

Contoh : 



  • Metode Shell (Shell Sort)
Metode ini disebut juga dengan metode pertambahan menurun (diminishing increment). Metode ini mengurutkan data dengan cara membandingkan suatu data dengan data lain yang memiliki jarak tertentu, kemudian dilakukan penukaran bila diperlukan.

Contoh : 
Langkah pertama, jarak=(N/2)+1=(8/2)+1=5

Langkah kedua, jarak=(N/4)+1=(8/4)+1=3


Langkah ketiga, jarak=(N/8)=(8/4)=1


  •  Radix sort
Dasar dari metode Radix sort ini adalah mengkategorikan data-data menjadi sub kumpulan data sesuai dengan nilai radix-nya, mengkonkatenasinya, kemudian mengkategorikannya kembali berdasar nilai radix (bilangan dasar).


Comments

Popular posts from this blog

Algoritma dan Flowchart

Nama             : Ghifary Arhabizhafran Yasin NPM             : 54414518 Kelas             : 1IA17 Mata Kuliah   : Teknik Informatika Dosen            : Kunto Bayu A, ST Sebelum kita tahu membuat diagram menggunakan simbol atau istilahnya flowchart, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu algoritma.

Rangkuman Sistem Multimedia

Dasar-Dasar Multimedia Multimedia merupakan suatu konsep di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam computer untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner maupun interaktif.

Sentiment Analisis Facebook Tentang Sara

Alya D 50414915 Ghifary Arhabizhafran Y 54414518 M Akbar 57414064 Zahra F 5C414621 Langkah-langkah: Install Python. In case Python yang kami gunakan yaitu Python 2.7 Setelah installan selesai kemudian mengatur Path pada Python dengan cara sebagai berikut: