Skip to main content

Hubungan Manusia dan Keindahan

Nama     : Ghifary Arhabi ZY
Kelas      : 1IA17
NPM      : 54414518



  • Keindahan

Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan identik dengan kebenaran, sesuatu yang indah itu selalu mengandung kebenaran. Walaupun kelihatanya indah tapi tidak mengandung kebenaran maka hal itu pada prinsipnya tidak indah.Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan.


Keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

  • Renungan

Renungan berasal dari kata renung, artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung.



Setiap orang pernah merenung. Sudah tentu kadar renungannya   berbeda-beda, meskipun obyek yang direnungkan sama, lebih pula apabila obyek renungannya berbeda. Jadi apa yang direnungkan itu bergantung kepada obyek dan subyek.

  • Keserasian

Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata dasar rasi, artinya cocok, kena benar, dan sesuai benar. Kata cocok, kena dan sesuai itu mengandung unsur perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang


Keserasian identik dengan keindahan. Sesuatu yang serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi tidak indah. Karena itu sebagian ahli pikir berpendapat, bahwa keindahan ialah sejumlah kualitas pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal.


  • Kehalusan


Kehalusan berasal dari kata halus artinya tidak kasar (perbuatan) lembut, sopan, baik (budi bahasa), beradab.



Halus itu berarti suatu sikap manusia dalam pergaulan baik dalam masyarakat kecil maupun dalam masyarakat luas. Sudah tentu sebagai lawannya ialah sikap kasar atau sikap orang-orang yang sedang emosi, bersikap sombong, bersikap kaku sikap orang yang sedang bermusuhan. Oleh karena itu kehalusan dapat menunjukan nilai keindahan seseorang dan sikap kasar bisa mengurangi nilai keindahan dari seseorang.


  • Perbedaan keindahan Objektif dan Subjektif

Dalam buku The Liang Gie,  estetika atau keindahan menjelaskan bahwa dalam menciptakan seni ada 2 teori yaitu :

- Teori objektif : Berpendapat bahwa keindahan atau ciri-ciri yang mencipta nilai estetik adalah sifat (kualitas) yang memang benar melekat dalam bentuk indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang mengamatinya. Pendukung teori objektif adalah Plato, Hegel dan Bernard Bocanquat.
- Teori subjektif : Menyatakan bahwa ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam diri seseorang yang mengamati sesuatu benda. Pendukung teori subjektif adalah Henry Home, Earlof Shaffesbury dan Edmund Burke.

  • Faktor-Faktor Pendorong Seseorang Menciptakan Keindahan

Keindahan yang didasarkan pada selera seni didukung oleh faktor :
1. Kontemplasi : adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah.
2. Ekstansi  : adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.

Apabila kontemplasi dan ekstansi itu dihubungkan dengan kreatifitas , maka kontemplasi itu faktor pendorong untuk menciptakan keindahan, sedangkan ekstansi itu merupakan faktor pendorong pendorong untuk merasakan, menikmati keindahan.


  • Cerpen Tentang Hubungan Manusia dan Keindahan 
Sebutir Biji Sebuah Kehidupan


Cerpen Karangan: Alifa Diva


Di kotaku, jarang sekali ada orang yang mau peduli lingkungan. Akibatnya banjir di mana-mana. Sebenarnya saya bingung, kenapa tidak ada tindakan pemerintah? kan bagus kalau lingkungan bersih?
kota itu… Jakarta.

Jakarta adalah ibukota. Ibukota langganan banjir. Sebenarnya aku prihatin dengan kondisi ibukota ini! Siapa nanti yang mau tinggal di sini kalau lingkungannya sangat kotor? Aku tidak tahu masa depan Jakarta seperti apa.

Siang hari yang lumayan mendung. Aku berjalan-jalan di dekat pekarangan rumahku yang sedang banjir, mencari-cari sendalku yang tenggelam di air banjir.
“Mana ya?” gumamku sambil terus menacri. Akhirnya, aku memasukkan tanganku ke air untuk mencari sendalku itu. Kalau tidak ibu bisa marah karena sendal itu barusan dibeli bulan lalu, sebelum ada banjir melanda. Tiba-tiba, seseorang memanggilku.

“Tri! Astri! Maen yuk!” ternyata Seno, tetanggaku yang dekat denganku. Aku hanya tetap mencari, sambil menjawab “aku lagi nyari sendalku No,”
Seno tetap berdiri di depan pagar rumahku sambil menggerak gerakkan tangannya.
“Aku bantuin!” seru Seno. Seno lalu membantuku. Tiba-tiba ibu datang.
“Gimana ya? Banjir naik nak, sendal kamu biarin aja hilang!” ujar ibu.
“Ya udah, No! Kamu pulang ya!” pintaku.
“Ya sudah deh, aku laper! mau ke dapur umum bareng?” tanya Seno. Aku menatap ibu.
“Kebetulan ibu laper! yuk!” ajak ibu sambil menarik tanganku dengan kesusahan menembus banjir.

Setelah lelah berjalan di air, kami sampai di dapur umum yang tidak kena banjir. Aku sendiri dan keluarga tidak mengungsi karena rumahku tidak terendam banjir, halamannya saja.
“Itu ada mi” seru Seno. Aku hanya tersenyum. Dari kemarin mi terus. Tak pernah makanan lain.

Pemerintah dimana sih? Batinku. Pemerintah tidak pernah mengirim apapun, kecuali obat-obatan dan pakaian. Itu belum cukup, kami belum punya makanan dan tempat tinggal, serta harta-harta yang hanyut terendam.
Aku langsung berpikir, setelah melihat satu pohon di dekat posko itu.
“Sebutir biji bisa membuahkan kehidupan. Ya! Kita bisa membantu dengan menanam pohon! Walau di Jakarta banyak pohon, tapi tak sejumlah dengan luasnya!” seruku. Orang-orang menoleh.

“Astri betul!” seru Seno. Semua orang satu pesatu bersorak seperti itu. Aku hanya tersenyum senang.
Mulai sekarang aku belajar untuk mencintai lingkungan. Alhasil, setelah banyak hujan melanda, kompleksku tidak kena banjir lagi. Terima kasih, pohon!


Daftar Pustaka :





Comments

Popular posts from this blog

Algoritma dan Flowchart

Nama             : Ghifary Arhabizhafran Yasin NPM             : 54414518 Kelas             : 1IA17 Mata Kuliah   : Teknik Informatika Dosen            : Kunto Bayu A, ST Sebelum kita tahu membuat diagram menggunakan simbol atau istilahnya flowchart, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu algoritma.

Rangkuman Sistem Multimedia

Dasar-Dasar Multimedia Multimedia merupakan suatu konsep di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam computer untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner maupun interaktif.

Sentiment Analisis Facebook Tentang Sara

Alya D 50414915 Ghifary Arhabizhafran Y 54414518 M Akbar 57414064 Zahra F 5C414621 Langkah-langkah: Install Python. In case Python yang kami gunakan yaitu Python 2.7 Setelah installan selesai kemudian mengatur Path pada Python dengan cara sebagai berikut: