Skip to main content

Manusia dan Harapan

Ghifary Arhabi
54414518
1IA17



  • Pengertian dan Makna Harapan
Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi; sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian harapan menyangkut masa depan seseorang.


Setiap Manusia Mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan pesan kepada ahli warisnya. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan.

Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada tuhan yang maha esa, agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh sungguh

Contoh :

Budi seorang mahasiswa universitas terbuka,ia belajar dengan rajin dengan harapan agar nantinya sewaktu ujian semester ia memperoleh nilai A.

Menurut kodratnya dalam diri manusia terdapat 2 dorongan,yaitu dorongan kodrat serta dorongan kebutuhan hidup. Abraham maslow mengkategorikan kebutuhan manusia menjadi 5 macam atau disebut juga 5 harapan manusia, yaitu;


1. Harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup

2. Harapan untuk memperoleh keamanan

3. Hak untuk mencintai dan dicintai

4. Harapan diterima lingkungan

5. Harapan memperoleh perwujudan cita-cita


  • Makna Kepercayaan
Kepercayaan berasal dari kata percaya, artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran. Ada jenis pengetahuan yang dimiliki seseorang, bukan karena merupakan hasil penyelidikan sendiri melainkan diterima dari orang lain. Kebenaran pengetahuan yang didasarkan atas orang lain itu dapat dipercaya. Yang diselidiki bukan lagi masalah nya melainkan orang yang memberitahukan itu dapat dipercayai atau tidak. Pengetahuan yang diterima dari orang lain atas kewibawaannya itu disebut kepercayaan. Makin besar kewibawaan yang memberi tahu mengenai pengetahuan itu makin besar kepercayaannya.

     Dasar kepercayaan adalah kebenaran. Sumber kebenaran adalah manusia. Kepercayaan itu dibedakan atas :

  •      Kepercayaan pada diri sendiri


Kepercayaan padda diri sendiri itu perlu ditanamkan dalam setiap pribadi manusia. Percaya pada diri sendiri pada hakikatnya percaya pada tuhan yang maha esa. Percaya pada diri sendiri menganggap dirinya tidak salah,dirinya menang,dirinya mampu mengerjakan yang diserahkan atau dipercayakan kepadanya

  •      Kepercayaan kepada orang lain


Percaya kepada orang lain itu dapat berupa percaya kepada saudara, orangtua, guru atau siapa saja. 

  •      Kepercayaan kepada pemerintah


Menurut buku Etika Filsafat Tingkah Laku prof. I.R. Poedjwiyatna pandangan demokratis mengatakan bahwa kedaulatan adalah dari rakyat. Manusia sebagai orang individu tak berarti. Orang mempunyai arti hanya sebagai seorang individu tak berarti.pandangan demokratis lain ialah tidak menyamakan rakyat dan Negara tetapi rakyat sebagai sumber kedaulatan sepenuhnya,pun sumber kedaulatan dan segala hak (J.J. Rousseau )

  •      Kepercayaan terhadap Tuhan

Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa itu amat penting. Kepercayaan berarti keyakinan dan pengakuan akan kebenaran. Kepercayaan itu amat penting karena merupakan tali kuat yang dapat menghubungkan rasa manusia dengan tuhannya. 


  • Nilai – Nilai Budaya Sebagai Tolak Ukur Harapan

Dalam hasil budaya yang berupa sastra, dapat dihayati adanya kandungan nilai budaya yang dibawa penulisnya sebagai gagasan utama. Dalam sastra jawa misalnya antara lain terdapat nilai budaya meliputi:



a. Nilai kejuangan dan semangat pengorbanan. 
    Yaitu nilai perjuangan sebagai tolak ukur dan diharapkan dimiliki masyarakat, seperti kesetiaan.




b. Nilai kerumahtanggaan.
    Yaitu nilai yang diharapkan berkembang dalam setiap keluarga.




c. Nilai kemandirian kaum wanita.
    Yaitu nilai yang diharapkan dapat dimiliki setiap wanita.






Comments

Popular posts from this blog

Algoritma dan Flowchart

Nama             : Ghifary Arhabizhafran Yasin NPM             : 54414518 Kelas             : 1IA17 Mata Kuliah   : Teknik Informatika Dosen            : Kunto Bayu A, ST Sebelum kita tahu membuat diagram menggunakan simbol atau istilahnya flowchart, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu algoritma.

Rangkuman Sistem Multimedia

Dasar-Dasar Multimedia Multimedia merupakan suatu konsep di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam computer untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner maupun interaktif.

Sentiment Analisis Facebook Tentang Sara

Alya D 50414915 Ghifary Arhabizhafran Y 54414518 M Akbar 57414064 Zahra F 5C414621 Langkah-langkah: Install Python. In case Python yang kami gunakan yaitu Python 2.7 Setelah installan selesai kemudian mengatur Path pada Python dengan cara sebagai berikut: