Skip to main content

Node.js : New Generation




Sebelum saya akan membahas node.js, saya akan memberi pengertian tentang javascript. JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di penjelajah web populer seperti Mozilla Firefox, Google Chrome ,Opera dan masih banyak lagi.

Node.js adalah sebuah software atau perangkat lunak terbaru di dunia web yang diciptakan oleh dan diperkenalkan untuk Linux use pada tahun 2009. Node.js dikembangkan oleh Ryan Dahl dan disponsori oleh Joyent, perusahaan dimana ia bekerja yang bekerja pada server dan aplikasi jaringan. Bahasa pemrogramannya menggunakan javascript. Bisa dijalankan pada Windows, Mac OS dan Linux tanpa perubahan kode program. Node js memiliki pustaka server sendiri yang memungkinkan untuk menjalankan webserver tanpa menggunakan webserver lain seperti Apache.

Sebelum adanya node.js, kita lebih mengenal aplikasi server seperti PHP. Kelebihannya dibandingkan PHP adalah node.js bisa menggunakan javascript yang dieksekusi sebagai server-side, selain itu teknik non-blocking yang ada di node.js sedangkan Bahasa PHP menggunakan teknik blocking. Teknik non-blocking adalah teknik dimana node.js akan mengeksekusi sebuah operasi tanpa menunggu operasi sebelumnya selesai dieksekusi, sehingga hasilnya akan lebih cepat dan efisien.


Kesamaan node.js dan PHP adalah sama sama memakai notasi ({}) untuk blok kode, yang mempunyai kata kunci dan sintaks yang sama persis.

Instalasi node.js :

Daftar Pustaka :

Comments

Popular posts from this blog

Algoritma dan Flowchart

Nama             : Ghifary Arhabizhafran Yasin NPM             : 54414518 Kelas             : 1IA17 Mata Kuliah   : Teknik Informatika Dosen            : Kunto Bayu A, ST Sebelum kita tahu membuat diagram menggunakan simbol atau istilahnya flowchart, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu algoritma.

Rangkuman Sistem Multimedia

Dasar-Dasar Multimedia Multimedia merupakan suatu konsep di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam computer untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner maupun interaktif.

Sentiment Analisis Facebook Tentang Sara

Alya D 50414915 Ghifary Arhabizhafran Y 54414518 M Akbar 57414064 Zahra F 5C414621 Langkah-langkah: Install Python. In case Python yang kami gunakan yaitu Python 2.7 Setelah installan selesai kemudian mengatur Path pada Python dengan cara sebagai berikut: