Skip to main content

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika Part 1

Regulasi & Prosedur Pendirian Perusahaan

         Bentuk Usaha


  • PT

Perseroan Terbatas (PT), dulu disebut juga Naamloze Vennootschaap (NV), adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan. Contoh :



  • CV
Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap atau CV) adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin. Persekutuan komanditer biasanya didirikan dengan akta dan harus didaftarkan. Contoh :



  • Koperasi

Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum. Koperasi melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1 merupakan usaha kekeluargaan dengan tujuan mensejahterakan anggotanya. Contoh :


    Prosedur dan Legalitasnya

Tahap 1
Akta Pendirian CV dibuat dan ditandatangani oleh Notaris yang berwenang dan dibuat dalam bahasa Indonesia
2.    Persyaratan;
3.    Fotokopi KTP para pendiri Perseroan
4.    Lama proses; 1-2 (satu-dua) hari kerja

 Tahap 2
 Surat Keterangan Domisili Perusahaan
1.    Permohonan surat keterangan domisili perusahaan diajukan kepada Kepala Kantor Kelurahan setempat sesuai dengan alamat kantor perusahaan berada, sebagai bukti keterangan/keberadaan alamat perusahaan,
2.    Persyaratan lain yang dibutuhkan;
3.    Fotokopi kontrak/sewa tempat usaha atau bukti kepemilikan tempat usaha
4.    Surat keterangan dari pemilik gedung apabila bedomisili di gedung perkantoran/pertokoan
5.    Fotokopi PBB-pajak bumi dan bangunan tahun terakhir sesuai tempat usaha untuk perusahaan yang berdomisili di RUKO/RUKAN
6.    Lama proses; 2 (dua) hari kerja setelah permohonan diajukan

Tahap 3
Nomor Pokok Wajib Pajak
1.    Permohonan pendaftaran wajib pajak badan usaha diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan keberadaan domisili perusahaan untuk mendapatkan;
·         Kartu NPWP
·         Surat keterangan tedaftar sebagai wajib pajak
2.    Persyaratan;
          1.    Melampirkan bukti PPN atas sewa gedung
          2.    Melampirkan bukti pelunasan PBB-pajak bumi banguan
          3.    Melampirkan bukti kepemilikan atau bukti sewa/kontrak tempat usaha
          4.    Lama proses; 2-3 (dua-tiga) hari kerja setelah permohonan diajukan

 Tahap 4
Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SP-PKP)
1.    Permohonan untuk dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan NPWP yang telah diterbitkan.
       Persyaratan;
          1.   Melampirkan bukti PPN atas sewa gedung
          2.   Melampirkan bukti pelunasan PBB-pajak bumi banguan
          3.   Melampirkan bukti kepemilikan atau bukti sewa/kontrak tempat usaha
          4.   Lama Proses; 3-5 (tiga-lima) hari kerja setelah permohonan diajukan

Tahap 5
Pendaftaran ke Pengadilan Negeri
1.    Permohonan ini diajukan kepada Kantor Pengadilan Negeri setempat sesuai tempat dan kedudukan perusahaan berada.
       Persyaratan lain yang dibutuhkan;
           1.   Melampirkan NPWP
           2.   Salinan akta pendirian CV
           3.   Lama proses; 1 (satu) hari setelah permohonan diajukan

 Tahap 6
Surat Izin Usaha Perdagangan
1.    Permohonan SIUP diajukan kepada Dinas Perdagangan Kota/Kabupaten untuk golongan SIUP menengah dan kecil, atau Dinas Perdagangan Propinsi untuk SIUP besar sesuai dengan tempat kedudukan perusahaan berada.
       Persyaratan lain yang dibutuhkan;
           1.   SITU/HO untuk jenis kegiatan usaha perdagangan yang dipersyaratkan adanya SITU berdasarkan Undang-Undang Gangguan
           2.   Photo direktur utama/pimpinan perusahaan (3×4) sebanyak 2 (dua) lembar
           3.   Lama Proses; 14 (empat belas) hari kerja untuk SIUP Menengah/Kecil dan 30 (tigapuluh) hari kerja untuk SIUP besar

  Tahap 7
Tanda Daftar Perusahaan
1.    Permohonan pendaftaran diajukan kepada Pendaftaran Perusahaan yang berada di Kota/Kabupaten cq. Dinas Perdagangan.
2.    Bagi perusahaan yang telah terdaftar akan diberikan sertifikat Tanda Daftar Perusahaan sebagai bukti bahwa Perusahaan/Badan Usaha telah melakukan Wajib Daftar Perusahaan sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No.37/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penyelenggaraan PendaftaranPerusahaan
3.    Lama Proses; 14 (empatbelas) hari kerja setelah permohonan diajukan

SDM & Organisasi

   Struktur Organisasinya
  • Struktur Organisasi Fungsional

Dalam struktur organisasi fungsional, setiap manajer yang mempunyai  spesialisasi fungsional menggantikan tempat dan peranan si pemilik perusahaan.   Transisi menuju spesialisasi ini membutuhkan sebuah perubahan substansial dalam gaya manajemen pimpinan perusahaan. Sebagai organisasi yang  menumbuhkan dan mengembangkan sejumlah produk dan pasar yang berkaitan, struktur organisasi ini secara teratur berubah untuk merefleksikan spesialisasi yang lebih besar. Untuk mengetahui  format struktur organisasi fungsional, lihat gambar berikut

Struktur organisasi fungsional ini mempunyai  beberapa kelebihan, antara lain:
  1. Efisiensi melalui spesialisasi
  2. Komunikasi dan jaringan keputusannya relatif sederhana
  3. Mempertahankan tingkat pengendalian strategi pada level manajemen puncak
  4. Dapat mendelegasi keputusan operasional sehari-hari
  5. Mempermudah pengukuran output dan hasil dari setiap fungsi


Sedangkan kekurangan dari struktur organisasi fungsional adalah:
  1. Menyebabkan spesialisasi yang sempit
  2. Dapat mendorong timbulnya persaingan dan konflik antar fungsi
  3. Mengakibatkan sulitnya koordinasi di antara bidang-bidang fungsional
  4. Dapat menyebabkan tingginya biaya koordinasi antar fungsi
  5. Identifikasi karyawan dengan kelompok spesialis membuat perubahan menjadi sulit

  • Struktur Organisasi Divisional
Ketika perusahaan mulai melakukan akuisisi dan mengembangkan berbagai produk baru dalam industri dan pasar yang berbeda, biasanya mengubah strukturnya menjadi  struktur organisasi yang terdiri dari beberapa  divisi. Tiap-tiap divisi dapat beroperasi sendiri-sendiri dibawah pengarahan seorang manajer divisi yang bertanggungjawab langsung kepada CEO. Dalam struktur organisasi divisional, manajer divisi dapat mengembangkan strategi untuk masing-masing divisinya dan mungkin saja mereka menghadapi persaingan yang berbeda dengan divisi lainnya sehingga strategi yang ditempuh mungkin juga berbeda dengan divisi lainnya. Pada organisasi divisional, divisi-divisi tersebut dapat menjadi tempat yang baik untuk melatih para manajer muda. Selain itu juga merupakan tempat yang baik  dalam mengembangkan intuisi kewiraswastaan serta meningkatkan sejumlah pusat inisiatif dalam suatu perusahaan. Untuk mengetahui format struktur organisasi divisional, perhatikan  gambar berikut.

   Deskripsi Tugas

Pada struktur organisasi terkandung alur perintah yang mengidentifikasi jabatan pekerjaan yang harus dipertanggungjawabkan oleh masing-masing karyawan atas berbagai kegiatan serta komunikasinya dengan unit yang lainnya. Contoh : struktur organisasi PT Bank Pensiunan Tabungan Negara (BTPN)


Penjelasan diantaranya :
  • President Director
Pimpinan tertinggi ini memiliki tanggung jawab dalam memimpin dan mengarahkan perusahaan
  • Corporate Secretary

Peran ini secara kurang lebih mencakup corporate secretary sebagai “kantornya Dewan Komisaris dan Direksi” atau manajemen administrasi dari Dewan Komisaris termasuk diantaranya menangani Rapat Dewan Komisaris, Rapat Direksi, dan Rapat Pengurus (gabungan antara Dewan Komisaris dan Direksi) termasuk juga didalamnya adalah notulensi Rapat
  • Internal Audit

Internal Auditor senatiasa berusaha untuk menyempurnakan dan melengkapi setiap kegiatan dengan penilaian langsung atas setiap bentuk pengawasan untuk dapat mengikuti perkembangan dunia usaha yang semakin kompleks.

   Sistem Penggajian

Sistem penggajian dilakukan secara terstruktur dan sesuai dengan pekerjaannya, didalam suatu usaha terdapat perinciian gaji yang ditentukkan dengan jabatannya, dan dalam menggaji setiap pekerja ditentukan pada saat di wawancarai terdapat sebuah perjanjian antara management dan karyawan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara pegawai.

Selanjutnya di :
http://arhabi19.blogspot.co.id/2017/10/pengembangan-rencana-bisnis-informatika_24.html

Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Algoritma dan Flowchart

Nama             : Ghifary Arhabizhafran Yasin NPM             : 54414518 Kelas             : 1IA17 Mata Kuliah   : Teknik Informatika Dosen            : Kunto Bayu A, ST Sebelum kita tahu membuat diagram menggunakan simbol atau istilahnya flowchart, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu algoritma.

Rangkuman Sistem Multimedia

Dasar-Dasar Multimedia Multimedia merupakan suatu konsep di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam computer untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner maupun interaktif.

Sentiment Analisis Facebook Tentang Sara

Alya D 50414915 Ghifary Arhabizhafran Y 54414518 M Akbar 57414064 Zahra F 5C414621 Langkah-langkah: Install Python. In case Python yang kami gunakan yaitu Python 2.7 Setelah installan selesai kemudian mengatur Path pada Python dengan cara sebagai berikut: