Skip to main content

PENDAHULUAN Buku (BAB-1)

Diagram merupakan suatu representasi simbolis informasi dalam bentuk geometri dua dimensi sesuai teknik visualisasi. Kadang teknik yang dipakai memanfaatkan visualisasi tiga dimensi yang kemudian diproyeksikan ke permukann dua dimensi. Kata grafik biasa dipakai sebagai sinonim dari kata diagram. Pada buku ini menjelaskan mengenai Table Chart, WordTree dan TreeMap. Untuk mencapai sasaran ini, Penulis menggunakan contoh yang menjelaskan langkah-langkah matematis dasar dari teknik pemodelan dan pemecahannya secara terperinci. 

Table Chart menjelaskan mengenai jenis diagram yang digunakan untuk menunjukkan hal-hal yang biasanya tertera pada suatu diagram, seperti banyaknya suatu barang atau benda dan lain-lain. Sementara WordTree digunakan untuk melihat diagram dengan cara yang berbeda yaitu dengan bentuk seperti pohon berurut, yang dapat diurutkan dari yang tingkatannya paling rendah hinggah paling tinggi atau sebaliknya, kemudian TreeMap menjelaskan mengenai suatu hal-hal yang terjadi tetapi dalam suatu bentuk map atau peta yang terbentuk dari persegi-persegi yang tiap perseginya memiliki warna dan tujuan masing-masing.

Kemudian pada buku ini dijelaskan mengenai teori konsep visualisasi mengenai perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan Table Chart, WordTree dan TreeMap. disni perangkat lunak yang digunakan adalah Spacesniffer, Edraw Soft dan ,perangkat lunak ini mempunyai fungsi dan tugasnya masing-masing. Spacesniffer adalah software freeware yang memungkinkan untuk memahami bagaimana folder dan file yang terstruktur pada disk. Dengan menggunakan layout visualisasi TreeMap, kita bisa memiliki persepsi langsung di mana folder file besar dan ditempatkan pada perangkat yang digunakan. SpaceSniffer memiliki dukungan drag dan drop, tata letak struktur intuitif, fitur zoom, penyaringan yang kuat dan tumpukan pilihan disesuaikan. Sementara Edraw Soft adalah software freeware yang memungkinkan untuk membuat sebuah wordtree dari table yang kita buat terlebih dahulu, dengan bantuan software ini kita akan jauh lebih mudah dalam membuat sebuah wordtree.

Tujuan utama penulis dalam buku ini adalah memudahkan buku ini untuk dibaca, sehingga penulis menggunakan teknik-teknik pemodelan yang disajikan dalam setiap bab dijelaskan dengan contoh-contoh langsung yang menghindari penjelasan yang rumit. Contoh-contoh disusun langkah demi langkah sehingga dapat diterapkan oleh mahasiswa pada permasalah diakhir setiap bab. Sebisa mungkin, Penulis berusahan menghidari notasi kata dan rumus matematis yang kompleks. Penulis berharap agar beragam faktor tersebut dapat dalam membuat materi yang disajikan menjadi lebih menarik.

Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk memastikan buku dapat tersusun dengan rapih, mengikuti alur logika dari setiap topik yang ada, bab keduai pada buku ini menjelaskan mengenai teori dan konsep dari pembahasan materi pada buku ini yaitu Table Chart, WordTree dan TreeMap. Kemudian bab ketiga menjelaskan mengenai perangkat lunak yang berkaitan dengan ketiga materi. Pada bab 4 dan 5 berurutan menjelaskan mengenai contoh kasus pada Table Chart, WordTree,TreeMap dan penutup dari buku ini.

Comments

Popular posts from this blog

Algoritma dan Flowchart

Nama             : Ghifary Arhabizhafran Yasin NPM             : 54414518 Kelas             : 1IA17 Mata Kuliah   : Teknik Informatika Dosen            : Kunto Bayu A, ST Sebelum kita tahu membuat diagram menggunakan simbol atau istilahnya flowchart, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu algoritma.

Rangkuman Sistem Multimedia

Dasar-Dasar Multimedia Multimedia merupakan suatu konsep di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam computer untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner maupun interaktif.

Sentiment Analisis Facebook Tentang Sara

Alya D 50414915 Ghifary Arhabizhafran Y 54414518 M Akbar 57414064 Zahra F 5C414621 Langkah-langkah: Install Python. In case Python yang kami gunakan yaitu Python 2.7 Setelah installan selesai kemudian mengatur Path pada Python dengan cara sebagai berikut: